KPU Ngawi Hentikan Perbaikan Verfak 3 Parpol Baru

Ngawi –┬áDengan adanya keputusan Mahkamah Konstitusi, KPU Kabupaten Ngawi menghentikan sementara perbaikan verifikasi faktual keanggotaan tiga parpol baru yaitu PSI, Partai Berkarya dan Partai Garuda. Tiga parpol baru akan menjalani verifikasi faktual bersamaan dengan 12 partai lama pada 30 januari dan 1 februari.

Beginilah suasana KPU Kabupaten Ngawi saat pendaftaran parpol untuk pemilu legislatif 2019. Ada 16 partai politik yang kemudian menjalani verifikasi administrasi yaitu 12 partai lama dan 4 partai baru. Sesuai peraturan lama KPU setempat kemudian melaksanakan verifikasi faktual terhdap 4 partai baru yaitu Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Namun seiring keputusan mahkamah konstitusi yang mengabulkan uji materi oleh partai idaman terhadap pasal 173 ayat 3 undang undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, situasi politik berubah. Mahkamah Konstitusi berpandangan verifikasi partai politik terhadap semua partai politik tidak boleh dibedakan. Kondisi kemudian ditindaklanjuti dengan perubahan aturan dalam verifikasi partai politik.

Dengan adanya keputusan Mahkamah Konstitusi atas perintah KPU RI, KPU Kabupaten Ngawi menghentikan sementara perbaikan verifikasi faktual keanggotaan tiga parpol baru yaitu PSI, Partai Berkarya dan Partai Garuda. Tiga parpol baru akan menjalani verifikasi faktual bersamaan dengan 12 partai lama pada 30 januari dan 1 februari.

Dari 4 partai politik baru yang mengikuti verifikasi adaministrasi dan verifikasi faktual di KPU Kabupaten Ngawi yang telah lolos hanya Partai Perindo. Sehingga pada 31 januri dan 1 februari nanti hanya 15 partai politik yang akan diverifikasi faktual oleh KPU setempat.

Post Your Comment Here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *